Cari Cuan Sambil Rebahan

© Bauhutte.jp

Jika kita termasuk golongan yang hobi rebahan, saat ini kita sangat dimanjakan oleh kehadiran berbagai macam aplikasi yang memudahkan kita melakukan banyak aktivitas hanya dari handphone kita tanpa harus beranjak dari Kasur yang seringkali begitu posesif terhadap diri kita. Laper, tinggal order makanan lewat aplikasi go-food, mau ngemil dan ngopi cantik sambil nonton drama korea? tinggal tambah kopi susu yang lagi hits di orderan go-foodnya. Bosen dengan baju yang itu itu aja? Jangan sedih, lihat lihat koleksi baju terbaru di tokopedia atau bahkan lewat akun Instagram. Capek karena seharian rebahan terus? Go-massage aja, niscaya pegal musnah seketika.

Saking seringnya kita rebahan, mungkin kita pernah dimarahin oleh orang tua atau berantem sama pasangan kita gara gara seharian rebahan di kamar sambil megang handphone karena dianggap kerjaannya cuma males malesan, tidur tiduran aja tidak menghasilkan apa apa, sudah tidak produktif, ditambah uang tabungan makin menipis karena belanja online di sana sini. Ya bisa jadi orang tua atau pasangan kita ada benarnya, kalo memang aktivitas kita selama rebahan cuma cari drama twitter, liatin post dan IG Story artis, cari jodoh di tinder, atau belanja online barang barang yang seringkali tidak kita butuhkan.

Padahal, di sisi lain, kita masih bisa tetap produktif meskipun kita cuma rebahan seharian di kamar, kita masih bisa menghasilkan uang meskipun dikerjakan sambil tiduran. Trading saham salah satunya. Memang sejatinya aktifitas trading saham dilakukan secara serius karena bagaimanapun trading saham adalah sebuah bisnis yang serius dan saya sangat menyarankan untuk yang ingin trading saham agar belajar secara serius dan mengelola bisnis sahamnya secara serius pula. How you run your business is entirely up to you, masalah apakah kita mau menjalankan bisnis kita sambil rebahan atau duduk manis di belakang meja kerja itu urusan masing masing. Tapi bagi golongan yang hobi rebahan dan ingin tetap bisa trading saham dan mengelola bisnis sahamnya sambil rebahan, sekarang sudah dimanjakan oleh hadirnya aplikasi dan bot telegram yang memungkinkan kita untuk membuat stockpick dan trading saham secara mudah. Yang penting kita tahu ilmunya, bagaimana memilih saham yang bagus, bagaimana kriterianya, di mana titik beli dan jualnya, maka proses selanjutnya menjadi lebih mudah, mulai dari screening saham saham yang menarik yang sesuai dengan kriteria dan strategy trading kita, validasi saham hasil screening dengan cek chart masing masing saham, membuat trading plan, hingga memantau saham yang sudah kita beli, semuanya bisa dilakukan sambil rebahan.

Bagaimana sih caranya trading dan cari cuan sambil rebahan? Bagi anda yang sudah membaca tulisan saya sebelumnya mengenai perlengkapan perang seorang trader, mungkin masih ingat di tulisan tersebut saya membahas bahwa salah satu tools yang bisa dipakai untuk membantu aktifitas trading kita adalah Bot Telegram, dan yang Bot Telegram saya pakai adalah HQSahamIDX. Fitur fitur di bot telegram HQSahamIDX menurut saya cukup lengkap dan bisa mengakomodasi berbagai strategy trading yang saya terapkan, mulai dari strategy berdasar moving average, trading gapdown maupun strategy one night stand. Semuanya terakomodasi dengan perintah yang sangat mudah dan simple. Enaknya lagi, kita juga bisa menentukan sendiri indicator apa yang mau kita pakai dan bagaimana kriteria yang mau kita terapkan.

Jika kita terlalu malas mengetik perintah di bot telegram, HQSahamIDX juga sudah tersedia dalam bentuk Apps yang bisa didownload melalui google playstore dengan salah satu fitur andalan yang tidak terdapat pada bot telegram adalah fitur trading plan yang bisa diakses menjelang akhir perdagangan yang berisi saham saham yang layak dibeli sore itu untuk dijual keesokan harinya. Tapi ingat ya, tidak semua saham yang muncul di trading plan harus dibeli semua, saham saham tersebut tetap harus melalui proses konfirmasi, validasi dan seleksi dari kita sendiri, tetap harus kita cek chartnya apakah sesuai dengan strategy trading kita dan apakah pilihan sahamnya sesuai dengan kriteria saham pilihan kita.

Berikut fitur fitur yang setiap hari saya gunakan dari bot HQSahamIDX

ALERT

Bot HQSahamIDX menyediakan beberapa pilihan fitur live alert yang saya pakai sehari hari di antaranya :

  • HQCrashbouncer, yakni alert untuk saham saham yang berpotensi rebound dari harga terendahnya.
  • HQTurtlesystem, yaitu alert untuk saham saham yang memenuhi kriteria trading dengan turtle system
  • Reversal saham yakni alert untuk saham saham yang berpotensi reversal berdasarkan algoritma HQ – Fibo
  • Trading, yakni alert untuk saham saham yang punya potensi untuk day trading

Cara mengaktifkan fitur live alert itu juga sangat simple, kita cukup ketik menu di bot telegram dan kemudian join channel alert alert yang tersedia. Lalu ketika ada saham yang memenuhi kriteria algoritma yang sudah ditentukan di masing masing alert, maka bot secara otomatis akan mengirimkan live alert saham tersebut. Kita tinggal cek chart dari saham yang muncul tersebut apakah layak kita beli atau tidak. Ingat, tidak semua saham yang muncul di alert harus kita beli.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Alert alert yang saya ikuti

Selain default alert yang sudah tersedia di bot, kita pun bisa menentukan sendiri alert kita. Alert ini sangat berguna karena tidak mungkin kita memonitor semua saham yang menarik di layar OLT kita, bagi saya pribadi, seringkali saya hanya memasang order book 4 – 6 saham di layar OLT. Fungsi alert kita adalah seperti ajudan pribadi yang akan memberi tahu kita ketika saham yang kita incar memenuhi kriteria pilihan kita. Misal kita menerapkan strategy buy on breakout, tertarik dengan suatu saham, tapi saat ini pergerakan harga saham belum memenuhi kriteria trading kita dan kita menunggu harga bergerak menembus angka tertentu, maka kita bisa mengatur bot agar memberi tahu kita jika saham yang kita incar menembus angka tertentu. Atau kita lagi menunggu saham untuk pullback, nungguin turun di titik supportnya, kita juga bisa mengatur alert untuk kondisi seperti itu. Berikut contoh alert yang saya set dan sudah memenuhi kriteria dan alert saya yang masih aktif.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Strategy buy on support yang saya terapkan di INKP dan diingatkan oleh Bot
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Alert saya yang masih aktif hingga sekarang karena belum memenuhi kriteria

SCREENING

Secara umum fungsi screening yang disediakan oleh HQSaham sangat lengkap, mengakomodir hampir semua indicator dan strategy yang umum digunakan oleh trader, mulai dari moving average, pixel hingga profitunity trading. Saya pribadi, lebih banyak menggunakan screening untuk mencari saham saham yang harganya sudah dekat dengan moving average 5 hari serta saham saham yang harganya menembus ke atas MA5 nya. Perintah lain yang juga sering saya gunakan adalah perintah untuk mencari bentuk candle yang memberikan sinyal reversal dan bullish seperti doji, hammer, maupun green marubozu. Selain itu, satu hal yang membuat saya makin suka bot telegram ini, strategy one night stand yang biasa saya pakai dengan mudah bisa diakses melalui bot telegram.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Hasil screening saham saham yang harganya mendekati garis MA5
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Hasil Screening saham saham yang harganya sudah menembus garis MA5
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Hasil Screening Saham saham One Night Stand ala kokolato

STRATEGY BUILDER

Ini salah satu fitur menarik lainnya yang menurut saya sangat membantu dan banyak manfaatnya. Fitur strategy builder memungkinkan kita membuat screening berdasarkan kriteria kita sendiri melalui perintah SBCREATE sehingga saham saham yang muncul dari hasil screening sesuai dengan saham saham yang masuk kriteria trading kita. Sebagai contoh, ketika pada perintah untuk mencari saham saham yang harganya menembus ke atas MA5 (/pcsma 5) kita tidak tahu apakah pada kriteria yang sudah dimasukkan ke dalam system tersebut sudah memperhitungkan volume dan nilai transaksi sahamnya, maka melalui strategy builder ini kita bisa menambahkan filter volume dan value transaksi sesuai dengan kehendak kita. Sebagai contoh berikut yang saya lakukan.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Kriteria Saham yang menembus ke atas garis MA5
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Kriteria lain yang ditambahkan sebagai filter yakni nilai transaksi di atas 1 Milyar dan Volume di atas rata rata volume 20 hari

Dan hasil screeningnya adalah sebagai berikut :

Gambar : Hasil Screening saham yg menembus MA5 dengan transaksi di atas 1 Milyar dan Volumenya di atas rata rata volume 20 hari.

Dapat kita lihat bahwa hasil screening dari strategy builder ini terlihat lebih informatif dibanding hasil screening biasa.

APPS HQSAHAMIDX

Seperti yang saya sampaikan di awal tulisan, kehadiran bot telegram HQSahamIDX sangat memanjakan aktifitas trading kita, tetapi jika anda terlalu malas untuk mengetik perintah perintah yang ada di bot telegram, kemalasan anda sudah diakomodir dengan hadirnya apps HQsahamIDX yang bisa didownload di Google Playstore. Fitur fiturnya juga tidak kalah lengkap dengan fitor bot telegram, dan ada salah satu fitur andalan yang tidak terdapat pada menu bot telegram yakni fitur trading plan. Berikut tampilan dari Apps HQSahamIDX

A picture containing computer, keyboard, white

Description automatically generated
Gambar : Tampilan fitur di apps HQSahamIDX
Gambar : Penjelasan tentang fitur trading plan
A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
Gambar : Contoh trading plan yang muncul

Jika anda masih penasaran fitur dan fungsi apa saja yang disediakan oleh HQSahamIDX atau anda penasaran apakah strategy trading saham anda bisa diakomodir oleh BOT Telegram HQSahamIDX silahkan kunjungi https://t.me/HQSahamIDX_bot dan silahkan explore segala fungsi dan panduan yang ada di sana. Dengan begitu ketika suatu saat orang tua anda marah marah atau pasangan anda ngambek melihat anda rebahan di kamar seharian karena mereka berpikir bahwa anda sedang malas malasan, tunjukkan saja handphone anda dan beritahu mereka bahwa anda sedang cari cuan sambil rebahan.

Seperti Bang Haji Rhoma Irama pernah nyanyikan..

Rebahan jangan rebahan, kalau tiada artinyaaa

Rebahan boleh sajaa..aaa…aaa, asal ada cuannya..

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

4 Comments

  1. Informatif! Terima kasih tipsnya. Saya juga baru belajar mengoprek HQ, powerful banget. Hemat biaya lagi!

  2. simple dan informatif banget om, btw ada info brp % sukses rate dari scr pcsma5 ini om ..?
    oiya stock pick nya adain tiap hari dong om, hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *