Diskusi Saham 4 Juni 2020

Hari ini cut loss di MEDC, tapi alhamdulillah TINS dan TBIG bisa menjadi pelipur lara. Well, that’s trading, ada yang cut loss dan ada yang kasih cuan, selama equity masih tumbuh positif berarti kita masih berada di jalan yang benar. Market hari ini seru sih, terutama TKIM, volatilitas intradaynya enak banget buat scalping.

Hari ini indeks merah untuk pertama kalinya dalam 7 hari terakhir, sebuah koreksi yang wajar karena siapapun pasti perlu istirahat setelah lari selama 6 hari :-). Tapi sore ini ada berita yang cukup bagus dari Eropa terkait dengan paket stimulus yang dikeluarkan oleh ECB yang jumlahnya cukup fantastis, jauh melampau estimasi para analis, semoga ini bisa membantu menjaga stabilitas bursa.

Untuk pilihan saham hari ini tidak terlalu banyak, karena beberapa pilihan saham kemaren masih saya simpan sampai sekarang.

Menurut saya BBRI layak masuk ke dalam watchlist setelah koreksi selama dua hari meski koreksinya tidak terlalu banyak. Area beli BBRI adalah 3060 – 2900 dan cutloss dulu jika harga masih bergerak turun di bawah 2900. Target jual pertama ada di 3330 dan selanjutnya semoga bisa test angka 3600.

Untuk saat ini ANTM memang berpotensi membentuk pattern double top di 590, meski begitu saya melihat ANTM ini cukup menarik karena harga belum bergerak jauh dari MA5 dengan volume yang meningkat. Memang, dengan kondisi chart seperti itu ANTM berpeluang turun, tapi juga ada peluang ANTM berusaha untuk menembus resistance 590 dan menggagalkan pattern double top nya.

Plan ANTM, jika turun buy area di 550 – 530 cut loss jika close di bawah 530, jika tidak turun buy area 550 – 570, target jual jika mampu break 590 adalah 650.

Beberapa orang mungkin akan melihat DMAS ini tidak layak untuk dibeli, alasannya simple, harga sudah naik selama beberapa hari. Memang si secara logika mungkin besok sudah akan mulai muncul seller yang akan merealisasikan profitnya setelah beberapa hari naik, tapi di sisi lain ada gap yang sudah cukup dekat dan sayang kalo tidak ditutup :-). Scalping scalping buat jajan cilok ama kopi mungkin masih bisa si besok toh harga juga sudah bergerak di atas MA60 nya dan itu pulalah yang bakal dijadikan titik support, jadi kalo besok DMAS turun di bawah 161 ya cutloss tapi kalo masih bergerak di atas itu ya semoga bisa ke 184 atau bahkan ke 194 – 197. DMAS ini kurang cocok bagi temen temen yang masih trading pake handphone, masih suka sayang dan ragu kalo mau cutloss karena DMAS ini kadang bisa lebih kejam dari ibu kost yang nagih uang kost bulanan. Jadi sebaiknya hindari kalo kurang nyaman dengan pergerakan DMAS.

Disclaimer : Tulisan ini ditujukan hanya untuk diskusi dan catatan pribadi semata dan bukan merupakan rekomendasi beli. Trade at your own risk.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

4 Comments

  1. Halo Ko, terima kasih untuk insightnya.

    Saya masih baru dan masih perlu banyak belajar terkait analisis teknikal saham, namun saya sepertinya melihat HOKI cukup menarik untuk besok. Pergerakan sahamnya sideway dengan resistance di 780. Hari ini saham ditutup di harga 720 dan telah menyentuh garis MA 60.
    Jadi, kemungkinan besok bisa beli di harga 690-720, TP di area 760-780 dan CL ketika harga di bawah 680.
    Monggo jika ada masukan/pendapat lain.
    Terima kasih.

    1. Author

      Tanggal 2 juni saya pernah share chart HOKI di twit https://twitter.com/kokolato/status/1267771744980369408?s=20

      HOKI ini seringkali hanya main satu hari terus hari berikutnya merah lalu sideways lagi, jadi jika baru mau masuk HOKI hati hati saja. Trading plannya menurut saya sudah bener. happy trading semoga cuan

  2. kalau psab masih di stock pick yg dibeli disimpan karena belum naik kan,Koko?ZINC 15% 142 buy sell 164,sayang sedikit katanya volatile kmrn medc sama cutloss,buy dan cut di brp?buy 488 ketinggian,cut 474..yg lain TBIG TINS cuan,sebagian BDMN SSIA PWON cuan tipis atau BEP.. cobain besok ANTM BBRInya,DMAS takut ga keburu cutloss screening sahamnya pake apps apa,dan ada di tradingbarengkoko kriterianya?

    1. Author

      iya, PSAB ini saham yang lemot tapi seringkali kasih duit buat saya, makanya masih saya keep, sideways sudah cukup lama, tadinya betting di kenaikan harga emas karena tensi antara china dan US yang memanas, cuma ternyata sekarang sudah cooling down. So far si masih belum ada sinyal jual di PSAB, hanya saja memang duitnya mandek aja. Screening saham pake amibroker dan bot telegram, kriterianya pernah beberapa kali saya bahas di blog, coba baca yang trading based on MA dan one night stand..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *