Diskusi Saham 7 Juni 2020

Jumat kemaren bursa kita bergerak sangat menarik, setelah sempat bergerak turun ke angka 4852 akhirnya muncul perlawanan dan IHSG bisa ditutup di angka 4947 atau naik sekitar 0.6%.

Bursa Amerika sendiri hari jumat ditutup menguat cukup signifikan yakni naik di atas 3% yang dibarengi pula oleh kenaikan harga komoditas minyak dan nikel masing masing 5.7% dan 2.5%, harga emas sendiri turun sebanyak 2.2%. Hal ini mungkin akan berpengaruh terhadap pergerakan harga saham yang terkait dengan ketiga komoditas tersebut senin nanti.

Adapun beberapa saham yang menurut saya cukup menarik berdasarkan data penutupan perdagangan hari Jumat 4 Juni 2020 adalah sebagai berikut.

PGAS pada perdagangan hari Jumat berhasil ditutup naik sebesar 7.9% ke angka 1030 yang juga merupakan harga tertinggi hari itu yang juga merupakan harga tertinggi hari sebelumnya. Penutupan PGAS di harga tertinggi tersebut yang membuat PGAS menarik menurut saya. Angka 1030 ini bisa kita jadikan sebagai titik resistance, yang bisa kita jadikan acuan dalam menentukan trading plan.

Buy if breakout 1030, Jika risk tolerance anda cukup longgar maka level cutloss bisa diambil dari low candle hari tersebut yakni 945. Tetapi jika risk tolerance anda cukup ketat maka ketika PGAS tidak bisa close di atas 1030 sebaiknya anda keluar dulu dari PGAS. Target terdekat PGAS adalah menutup gap 1070 – 1120 serta ke angka 1140, jika lancar mungkin bisa ke target medium di 1280 – 1340.

Kenaikan BBTN dalam beberap hari belakang banyak yang mengaitkan dengan program Tapera, secara teknikal BBTN sedang mencoba meninggalkan area MA60 yang bisa dijadikan sebagai titik support kita. Pembelian bisa dilakukan di area 1040 – 1085. Target terdekat adalah 1130 dan lalu 1245.

Jika anda seorang Highlander, maka JPFA bisa dijadikan salah satu pertimbangan buy high sell higher. Buy jika break 1245 dengan target mengisi dua gap yang ada di atasnya yakni 1310 – 1355 dan 1450 – 1475. Yang perlu diingat adalah pahami resiko bermain di ketinggian, terlebih ketika JPFA ini sudah naik di atas 20% dalam beberapa hari terakhir, tentu saja akan mulai muncul seller yang merealisasikan keuntungannya, semoga saja buyer cukup kuat menghadapi seller tersebut.

Bonus :

Saya pribadi suka dengan bentukan chart saham CBMF ini. Kenapa CBMF ini menarik? karena dia sedang mencoba break area konsolidasinya dengan volume yang cukup signifikan meski secara value, transaksinya cukup kecil. Saya pribadi belum pernah bertransaksi di saham ini, jadi belum terlalu paham karakter sahamnya seperti apa, jadi yang akan saya lakukan adalah mengamati dulu bagaimana formasi bid offer nya senin nanti, melihat bagaimana pergerakannya dan jika memang ada peluang yang bisa dimanfaatkan maka masuk dengan alokasi dana yang tidak terlalu besar.

Disclaimer : Tulisan ini ditujukan hanya untuk diskusi dan catatan pribadi semata dan bukan merupakan rekomendasi beli. Silahkan dianalisa kembali dan Trade at your own risk.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

3 Comments

    1. Author

      PSAB kali ini bikin bete 🙂 tapi aku masih hold sik. Tapi ada baiknya keluar dari PSAB dulu dan pindah saham lain biar duitnya gak mandek..nanti kalo sudah menarik lagi baru masuk PSAB lagi

  1. Pak, utk PWON dan DMAS, kira2 bisa lanjut tembus fractal baru kah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *