Kenapa Likuiditas itu penting terutama untuk scalping

Dalam setiap sharing session tentang Teknik scalping saham, saya selalu menekankan tentang beberapa kriteria saham saham yang akan dijadikan target scalping, dua kriteria diantaranya adalah value transaksi dan likuiditas.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Value transaksi dan Likuiditas ini akan mempengaruhi alokasi capital atau modal kita untuk membeli saham tersebut. Apa sih bedanya value transaksi dan likuiditas? Value transaksi bisa dibilang total rupiah yang ditransaksikan pada saham tersebut sedangkan likuiditas merupakan kemudahan kita dalam membeli dan menjual saham tersebut. Semakin likuid sebuah saham maka semakin mudah kita membeli saham tersebut dan semakin mudah pula kita ketika suatu saat nanti akan menjual saham tersebut. Gampangnya tiap kali mau beli saham pasti ada yang jual sebanyak yang kita mau, dan tiap kali mau jual saham pasti ada yang beli sebanyak yang kita mau.

Value transaksi besar belum tentu saham tersebut likuid, tapi ketika sebuah saham sangat likuid maka umumnya value transaksi pasti besar.

Likuiditas ini sangat penting untuk seorang swing trader, day trader dan maha penting untuk seorang scalper. Dalam konteks scalping, likuiditas sebuah saham bisa dilihat dari kepadatan bid offer dan  jumlah lot dalam bid offer tersebut. Itulah kenapa likuiditas itu menjadi sangat penting bagi seorang scalper, karena mereka bermain dengan kecepatan dan juga position sizing. Tentu jika bid offernya tidak padat, loncat loncat serta jumlah lot dalam bid offernya tidak banyak akan menyusahkan seorang scalper dalam mencari keuntungan. Makanya saham saham yang formasi bid offernya bolong bolong sebaiknya dihindari jika kita niatnya ingin scalping.

Sebagai contoh kita lihat formasi bid offer CBMF hari ini :

A black and silver text

Description automatically generated

Dengan kondisi Bid Offer yang tidak padat, loncat loncat serta jumlah lot yang sangat sedikit, bagaimana seorang scalper akan bertransaksi di saham seperti CBMF ini? Berapa lot yang bisa dia beli? Tentu akan butuh perjuangan ekstra untuk dapat jumlah lot yang cukup banyak, tetapi ketika sudah dapat jumlah lot yang cukup banyak pun akan memunculkan masalah baru, bagaimana dia bisa keluar nantinya??

Keluar ya lewat pintu depan lah, masa lewat samping, samping kan tembok.

Another joke garing gak jelas…

Jadi bagaimana dia bisa keluar? Seandainya dia berhasil beli CBMF sebanyak 2000 lot dan dia keluar dengan cara buang kiri di bid, maka harga akan bisa turun dari 168 balik ke harga 140, atau dari +22% turun menjadi 4%. Pun sebaliknya, jika ada trader yang iseng ingin menaikkan harga CBMF dari 165 ke 173 atau naik dari 22% menjadi 27%, dia hanya perlu modal 90 lot beli di harga 173 atau cuma perlu modal 1,5 juta untuk bisa menambah kenaikan harga saham CBMF sebesar 5%.

Lalu, kalau sahamnya gak likuid kenapa value transaksinya cukup besar yakni hampir 2 milyar? Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut kita harus melihat trade done dari saham CBMF ini.

A screen shot of a video game

Description automatically generated

Terlihat bahwa transaksi terbesar CBMF hanya terjadi di dua harga saja yakni di 137 sebanyak 57 ribu lot atau sekitar 782 juta rupiah dan juga di 142 sebanyak 28 ribu lot atau sekitar 398 juta, sisanya tersebar di sepanjang harga 138 hingga 170. Yang bisa disimpulkan bahwa tidak banyak public partisipan yang ikut di saham CBMF ini, atau setidaknya belum banyak yang ikut beli dan jual saham CBMF.

Lalu bagaimana nasib saham CBMF ?

A picture containing indoor, grass, sitting, black

Description automatically generated

Ya kalo dilihat dari chartnya si saham CBMF masih oke, Cuma karena tidak banyak public partisipan, gerakan sahamnya ya tergantung sama yang punya kepentingan. Kalo saya yang punya kepentingan si bakal saya balikkin harga saham CBMF ini ke harga tertinggi sebelumnya yakni ke 270, atau minimal ke 200an lah. Daripada pusing jualan furniture di tengah pandemi seperti ini mending jualan saham. Tapi kan saya cuma nebeng di sini yak, lot kecil pulak, pake duit cuan pulak..jadi terserah aja lah mau dibawa kemana, naik syukur, dibikin ARB juga saya ngikut saja. Siapa tau besok besok sahamnya dibikin rame ama yang punya barang, siapa tahu harganya naik 50% dari harga beli.

Jadi udah tahu ya kenapa likuiditas itu penting bagi seorang trader wa bil khusus bagi seorang scalper.

Karena saat ini CBMF gak likuid jadi saya sarankan jangan masuk di saham CBMF yak, cukup saya aja yang jadi korban cuan..hehehehe.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *