One Night Stand Trading

Jika strategy trading gapdown dan strategy trading vwap lebih tepat diterapkan pada jam jam awal trading, maka di jam jam akhir trading ada juga strategy trading yang bisa diterapkan oleh para trader untuk mencari cuan, strategy itu disebut strategy trading one night stand. Kenapa namanya one night stand? Karena kalo one leg stand pegel!

Sesuai namanya, strategy one night stand ini merupakan strategy trading yang time framenya hanya satu malam, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang ketika kemudian yang diajak untuk one night stand ini tenyata lucu dan menyenangkan. Jadi inti dari strategy one night stand adalah beli saham yang baru naik menjelang jam akhir trading untuk kemudian dijual saat opening / jam jam awal trading hari berikutnya.

Strategy ini didasari atas asumsi bahwa kenaikan saham yang baru terjadi menjelang akhir perdagangan kemungkinan besar akan berlanjut di hari berikutnya karena kenaikan pada hari itu terpaksa berhenti disebabkan oleh waktu trading yang sudah usai.

Ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam menerapkan strategy one night stand ini.

  • Tidak semua saham cocok diajak One Night Stand

Perlu diingat bahwa tidak semua saham cocok untuk diajak One Night Stand, karena itu sebelum memutuskan untuk mengajak one night stand, cari tahu dulu history chart dari saham tersebut.

  • Cari saham saham yang ditarik di menit menit terakhir perdagangan

Umumnya kita bisa mulai untuk melakukan screening di 45 – 30 menit menjelang akhir perdagangan, atau bisa juga di 15 menit terakhir perdagangan.

  • Cari saham yang harga Close sama dengan harga High, atau satu / dua tick di bawah harga high

Fokus kita adalah mencari saham saham yang ditutup pada harga tertinggi saham tersebut di hari itu. Berlaku juga untuk  saham saham yang terlihat akan Auto Reject Kanan, tetapi untuk saham yang ARA akan lebih baik jika harga auto reject nya bertahan sampai akhir perdagangan. Saya pribadi lebih senang masuk di saham saham yang baru naik 3-4% dibanding yang sudah ARA.

  • Dari saham saham yang kita perhatikan, amati juga volumenya.

Pastikan volume saham saham yang close high tersebut mengkonfirmasi pergerakan saham hari ini. Lebih baik jika volume saham hari ini di atas rata rata volume 20 harinya.

  • Perhatikan Dow Futures dan Opening Eropa

Karena seringkali pergerakan bursa kita dipengaruhi oleh pergerakan bursa di belahan dunia lain, khususnya Dow Jones, Eropa dan Asia, maka agar lebih aman, agar resiko trading kita lebih kecil alangkah baiknya jika kita mau mengajak saham untuk One Night Stand, Dow Futures dalam kondisi hijau dan opening Eropa juga hijau. Meski hal ini tidak mutlak, tapi buat jaga jaga tidak ada salahnya.

  • Merem dan Hajar Kanan

Jika kita menemukan saham yang ditarik menjelang akhir perdagangan, harga closing sama dengan harga high atau bahkan ARA, Dow futures Ijo, Opening Eropa Ijo, maka Bismillah, merem dan hajar kanan aja. Karena seringkali kalo antri di bid gak dapet, atau kalo mau lebih aman bisa aja dibagi dua, satu antri di bid satu hajar kanan.

  • Jual di esok hari

Karena memang tujuan awal adalah One Night Stand, maka lebih baik jika saham tersebut kita jual di opening atau jam jam awal perdagangan hari berikutnya. Tetapi ketika di hari berikutnya, semua kondisi mendukung dan menurut kita harga saham masih akan bergerak naik di hari selanjutnya, maka bisa saja strategy yang tadinya one night stand kita lanjut menjadi two night stand atau bahkan swing. Jika ini yang kita pilih, saran saya realisasikan dulu sebagian cuannya biar kita bisa menikmati indahnya One Night Stand. Oh iya, lebih baik hindari trading one night stand di hari Jumat, karena ada jeda waktu dua hari di Sabtu dan Minggu yang penuh ketidakpastian, alternatifnya, cari tahu sahamnya dulu aja, baru eksekusi di hari Seninnya.

Bagi trader yang memakai software Amibroker, screening untuk saham saham yang bisa diajak One Night Stand bisa kita bikin sendiri. Tetapi jika anda kurang familiar dengan Bahasa pemograman Amibroker (AFL), berikut saya share afl untuk one night stand di Amibroker.

* One Night Stand

 Credit to Eko Widjajanto

*/

Buy = (C == H) AND ((C-O)/O > 0.03) AND (V > EMA (V,20));

 Filter = Buy;

AddColumn (O,”Open”,1.0);

AddColumn(H,”High”,1.0);

AddColumn (C,”Close”,1.0);

AddColumn(V,”vol”,1.0);

AddColumn(EMA(V,20),”emav20″,1.2);

Jika anda tidak mempunyai software Amibroker, setidaknya yang bisa anda lakukan adalah dengan screening melalui aplikasi online trading platform yang anda pakai atau melihat langsung dari running trade yang sedang berjalan. Agak ribet si memang, tapi untuk dapat cuan masa si kita gak mau ribet?

Berikut contoh jika anda mau screening dari online trading platform, contoh saya ambil dari stock screening OLT nya indopremier dan stock ranking Jasa Utama

A screenshot of a computer

Description automatically generated

Screening di atas menggunakan filter rule saham dengan market cap di atas 2 M dan kenaikan di pada hari tersebut di atas 5%. Sayangnya di IPOT, range screeningnya hanya menggunakan 5% an, dari yang hari ini naik di atas 0%, di atas 5% dan seterusnya, tidak bisa dibikin custom atau kita tentukan sendiri range yang kita mau, atau mungkin saya yang gaptek di olt IPOT? Maklum jarang saya pake sih.

Contoh berikutnya saya pakai stock rankingnya Jasa Utama Capital.

A picture containing fabric

Description automatically generated

Ini saham saham yang harga close nya sama dengan harga High nya dan diurutkan berdasarkan total value pada hari tersebut.

A screen shot of a monitor

Description automatically generated

Ini contoh saham saham dengan filter kenaikan pada hari tersebut masih di bawah 6%.

Dan ini contoh chart dari beberapa saham yang kita dapat dari list tersebut.

A picture containing monitor, sitting, black, screen

Description automatically generated
ADRO 3 April 2020
A picture containing sitting, black, monitor, green

Description automatically generated
GGRM 3 April 2020

Semoga ada manfaatnya, Have a safe one night stand !!

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

4 Comments


  1. Klo kita screening nya pas setelah tutup sesi 1 belum bisa di namakan strategi one night stand ya ko?

    1. Author

      namanya one hour stand kalo itu 🙂

  2. – Cari saham saham yang ditarik di menit menit terakhir perdagangan

    Ini maksudnya gimana ya ko? Dan lihatnya dimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *