Perlengkapan Perang Trader

Berhubung baru membahas tentang game PUBG yang merupakan game strategy perang bergenre Battle Royale, sekalian saja saya coba bahas mengenai apa saja perlengkapan perang seorang trader. Setidaknya sharing perlengkapan yang saya gunakan untuk trading sehari hari, dari yang berbayar hingga yang gratisan.

  • Amibroker

Amibroker merupakan software charting yang saya gunakan sehari hari untuk analisa maupun screening saham. Salah satu alasan kenapa saya memakai Amibroker karena saya bisa membuat dan menerapkan rule, kriteria dan strategy trading saya secara mudah di Amibroker. Amibroker mempunyai bahasa pemograman yang disebut Amibroker Formula Language (afl) yang sangat simple dan bisa kita gunakan untuk menerapkan apapun strategy trading yang kita mau. Dan jika kita kurang memahami bahasa pemograman amibroker, banyak resource afl di internet yang bisa kita gunakan secara gratis. Amibroker ini sendiri merupakan software berbayar yang hanya perlu dibayar sekali seumur hidup, harganya menurut saya cukup reasonable yakni untuk standard edition sebesar USD 279 dan untuk Professional edition harganya ada di kisaran USD 339 . Pertimbangan lain kenapa saya memilih amibroker dibanding software charting lain karena amibroker bisa saya integrasikan dengan online trading saya sehingga saya dapat datafeed realtime secara gratis.

Jika menurut anda harga amibroker terlalu mahal, berikut beberapa alternative charting gratisan yang bisa anda gunakan.

Investing (https://www.investing.com/charts/),

Tradingview (https://www.tradingview.com/chart/)

RTI ( https://analytics.rti.co.id/tview/index_tview.jsp)

  • Online Trading Platform

Online trading platform kita sebenarnya bukan cuma sebagai alat untuk jual beli saham saja, fungsinya bukan sekedar untuk memasukkan order buy dan sell tetapi banyak juga fitur lain yang bisa kita gunakan sebagai alat Analisa saham. Fitur yang sering saya gunakan tentu saja order book untuk melihat bid offer, kemudian order book in detail untuk melihat detail dari susunan lot di tiap bid offer, trade book untuk melihat kejadian di tiap harga saham dan serta stock ranking untuk melihat ranking kenaikan atau penurunan saham pada hari itu yang biasanya saya gunakan untuk strategy trading gapdown. Penggunaan fitur OLT ini juga saya kombinasikan dengan charting amibroker untuk intraday trading.

Order Book MEDC
Contoh bid detail di harga 476 MEDC
Contoh trade book / trade done di masing masing harga REAL
Contoh stock ranking untuk saham dengan penurunan terbesar
  • Bot Telegram

Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi kini semakin memanjakan kita. Dulu, waktu awal awal saya trading, akses terhadap tools Analisa bisa dibilang cukup terbatas. Sekarang, seiring dengan semakin popularnya aplikasi messaging Telegram, banyak trader yang sekaligus jagoan IT memanfaatkan aplikasi Telegram untuk membuat Bot telegram untuk kepentingan Analisa saham. Saya pernah berlangganan beberapa bot trading di telegram, beberapa tidak saya perpanjang dan satu satunya yang masih konsisten saya pakai hingga sekarang adalah bot telegram HQSahamIDX (https://t.me/HQSahamIDX_bot) buatan seorang trader dengan panggilan Man Su. Saya pribadi tidak kenal dengan bapak Man Su, tapi menurut saya bot telegram bikinan beliau mempunyai fitur yang sangat lengkap dan akurat yang  sangat memudahkan saya untuk melakukan screening maupun Analisa saham, baik ketika saya di depan laptop maupun ketika saya sedang mobile dan tidak bisa mengakses amibroker saya. Berikut beberapa fitur yang ada dalam bot telegram tersebut.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Salah satu perintah yang sering saya gunakan pada bot telegram itu adalah perintah untuk mencari saham yang cross MA5.

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Salah satu hal yang menurut saya paling menarik, di bot telegram tersebut terdapat fitur live alert dengan berbagai macam kriteria alert yang sungguh memanjakan kita sebagai trader

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

Dan jika saya mempunyai watchlist saham tertentu dengan rule pembelian di harga tertentu, maka saya tinggal memasang alert sesuai keinginan saya. Contoh pada tanggal 2 April saya mengincar saham REAL dengan rule pembelian ketika dia break harga 61 rupiah. Saya pasang alert dengan perintah sebagai berikut.

A picture containing bird

Description automatically generated

Ketika kemudian saham REAL bergerak sesuai dengan rule pembelian saya, bot secara otomatis akan mengirimkan alert ke saya.

A picture containing knife

Description automatically generated

Menarik bukan? Dan hebatnya lagi, semua fitur di atas bisa kita nikmati hanya dengan berdonasi sebesar 88 ribu rupiah untuk 3 bulan, atau hanya sebesar 29 ribu rupiah per bulan. Meski saat ini besaran donasi mengalami penyesuaian dari yang sebelumnya hanya 53 ribu rupiah untuk 3 bulan, tapi nilai donasi itu saangaaaat murah dibandingkan dengan manfaat dan cuan yang bisa kita hasilkan dari bot telegram tersebut.

Tips dari saya, jika anda memutuskan untuk berlangganan bot tersebut, ketika anda baru bergabung jangan lupa masuk ke channel resume chat HQSahamIDX dan baca tulisan tulisan yang sudah dirangkum di channel tersebut. Kedua jangan malas untuk baca panduan perintah perintah yang sudah didokumentasikan oleh sang pembuat bot. Tips terakhir, alangkah baiknya anda pinned channel atau bot telegram itu di aplikasi telegram anda, agar alert dari bot telegram tersebut selalu berada di atas, sehingga tidak tertumpuk oleh chat dari grup lain dan kita tidak ketinggalan alert yang muncul. Setidaknya itu yang saya lakukan..hehehe

  • RTI Mobile

RTI Mobile saya gunakan untuk melihat pergerakan market dan watchlist saham saya serta melihat indicator indicator fundamental lainnya secara mudah khususnya jika saya sedang tidak bisa mengakses laptop saya

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated
  • Investing

Website Investing saya gunakan untuk melihat pergerakan dow futures, opening bursa saham di Eropa, pergerakan indeks dow jones, pergerakan harga saham komoditas dan di pagi hari untuk melihat opening market Asia untuk memberikan gambaran bagaimana kira kira perdagangan di bursa kita akan berjalan pada hari tersebut.

  • Group Saham

Bergabung dengan sebuah komunitas saham banyak memberikan manfaat bagi saya, selain seringkali mendapatkan stockpick hasil Analisa member yang lain, saya juga bisa belajar dan berdiskusi mengenai strategy trading dan Analisa saham dari sudut pandang yang berbeda yang ujungnya juga akan meningkatkan kemampuan saya.

  • Sesama Trader

Dalam beberapa kasus, saya seringkali berdiskusi dengan trader lain melalui jalur pribadi untuk mengkonfirmasi apakah apa yang saya lihat pada tersebut sudah valid atau belum. Dalam kasus lain, saya juga kadang dihubungi untuk memberikan pendapat saya mengenai apa yang saya lihat di saham yang lain. Both ways, baik secara ilmu maupun secara finansial seringkali saya mendapatkan manfaat yang besar.

  • Post it

Post it seringkali saya gunakan untuk mencatat saham saham apa saja yang menjadi target utama saya di hari tersebut untuk kemudian saya tempel di tempat yang mudah saya liat agar tidak terlewat oleh saya. Meskipun fungsi ini sebenarnya sudah bisa digantikan oleh fungsi alert dari bot telegram, tapi saya menikmati ritual proses menulis stockpick di post it ini.

Begitulah kira kira perlengkapan trading yang saya gunakan, semoga sharing ini ada manfaatnya.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

7 Comments

  1. Tulisan yang menarik, saya rasa juga bgtu keberadaan Bot HQSaham sangat membantu. Fasilitas alertnya sangat keren, jadi bisa langsung diikuti. Karena saya baru baca2 panduannya juga jadi masih blm maksimalkan bot ini

  2. bisa kasih spill gk pak query yg dimasukkan di BOT ato data saham indonesia..

    terima kasih

  3. Terimakasih Pak untuk tulisan2nya

    1. Author

      sama sama pak

      1. Cara untuk berhenti berlangganan bot telegram gmn ya ko ?

  4. Om, penasaran nih, OLT platform yang om pake itu apa yak? Atau ada saran dari om koko gak, lagi cari yang cocok buat nubi…

    1. Author

      Mirrae atau sucor sekuritas coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *