Strategy Trading Berdasar VWAP

Bagi yang belum tahu mengenai apa itu VWAP, berikut sedikit ulasan mengenai VWAP, bagi yang sudah tahu mengenai VWAP, mohon review dan diskusinya.

VWAP merupakan singkatan dari Volume Weighted Average Price, bisa diartikan sebagai harga rata rata tertimbang berdasarkan hitungan volume kejadian pada masing-masing harga. Sebagian yang lain mengartikan bahwa VWAP itu bisa diasumsikan sebagai harga modal rata rata trader pada hari tersebut.

Karena VWAP diasumsikan sebagai harga modal rata rata trader pada hari tersebut, maka VWAP seringkali dijadikan sebagai salah satu indikator untuk menentukan apakah harga saham sudah layak beli untuk di trading kan atau belum. VWAP dijadikan titik acuan mengenai wajar atau tidaknya kenaikan / penurunan harga sebuah saham, ketika harga turun jauh di bawah harga VWAP nya, maka di anggap penurunan tersebut sudah tidak wajar sehingga mempunyai peluang rebound dan trader menganggap harga sudah cukup layak di beli, dengan target jual biasanya di harga VWAP nya atau di bawah VWAPnya. Begitu juga ketika harga bergerak naik jauh di atas VWAP nya, ketika melihat hal tersebut umumnya trader akan menganggap kenaikan hari itu sudah tidak wajar, dan ketika mereka berniat beli saham tersebut, mereka tidak akan langsung hajar kanan pada saat kenaikan, tetapi akan antri beli di harga VWAP atau beberapa point di atasnya. Memang, kenaikan / penurunan saham yang sangat jauh dari VWAP nya tidak selalu diikuti harga akan kembali mendekati harga VWAP nya, tetapi dalam banyak kasus, penurunan / kenaikan saham di bawah / di atas harga VWAP nya akan kembali mendekati harga VWAP nya pada pergerakan intraday, apalagi jika kejadian tersebut terjadi pada saat market turun karena sentimen negatif, kemungkinan harga kembali mendekati VWAP nya menjadi lebih besar.

Untuk mengetahui angka VWAP bisa dilihat pada order book di online trading platform kita, di kolom dengan tulisan Avg, atau Av di beberapa sekuritas yang lain. Contoh adalah harga saham BBNI terakhir di tutup di harga 3760 sedangkan VWAP nya masih di harga 3880.

A screen shot of a video game

Description automatically generated

Dari situ sudah bisa terlihat bahwa harga terakhir BBNI sudah turun mayan jauh dari harga VWAP nya di 3880, sehingga mungkin kita bisa mendapatkan peluang intraday trading di BBNI. Kita juga bisa mengolah data dari Online platform trading kita untuk mengetahui persentase perbedaan harga terakhir dengan harga VWAP nya dan juga menambahkan informasi lainnya agar kita lebih yakin dalam melakukan keputusan beli.

Contoh harga closing sesi 1 yang disajikan dengan angka foreign net buy beserta persentase perbedaan harga terakhir dengan harga VWAP nya.

Memang, trading berdasarkan VWAP itu jauh lebih berguna jika diterapkan pada saat awal awal jam trading tetapi kadang juga bisa digunakan ketika market turun karena kondisi regional asia yang berbalik arah, dan kemudian market bersiap siap menyambut opening market Eropa di sore hari nanti. Di waktu kapanpun anda trading berdasarkan VWAP, yang perlu di perhatikan adalah semakin cepat penurunan harga dibanding harga VWAP nya maka potensi harga kembali ke harga VWAP nya semakin besar, tetapi kalo penurunannya pelan, ini yang perlu di waspadai, karena seringkali harga tidak kembali ke harga vwap nya.

Fungsi VWAP yang lain juga bisa dijadikan sebagai support / resistance, seperti halnya kita menggunakan garis moving average sebagai support / resistance. Jadi harga VWAP harian akan dikonversi menjadi indikator garis pada chart yang digunakan, cara penggunaannya sama persis seperti halnya kita menggunakan garis moving average.

Tetapi saya pribadi menggunakan VWAP hanya untuk scalping atau intraday trading yang saya kombinasikan dengan strategy trading saat gapdown seperti pembahasan di sini. Pas opening dan jam awal awal trading, perhatikan saham yang turun dalem, perhatikan angka vwap nya, semakin jauh harga berjalan dengan harga vwap nya semakin besar peluang untuk cuan.

Semoga bermanfaat.

PS : Contoh BBNI tadi hanya sekedar untuk menunjukkan harga VWAP nya, bukan rekomendasi beli 🙂

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

7 Comments


  1. apakah ada batasan untuk penurunan/kenaikan harga dari vwap nya pak?
    misal 10% atau 5% dari vwap

    1. Author

      tidak ada, semakin jauh harga turun di bawah vwap semakin bagus

  2. berarti VWAP ini untk jadi acuan intraday ya mas? kalau harganya tdk kembali ke vwap hari tsb, apa bisa dihold?

    1. Author

      iya vwap lebih untuk acuan intraday trading atau scalping, jika harga tidak kembali ke vwap dan bergerak di atas vwap maka bisa hold

      1. Bagaimana bila harga close dibawah VWAP apakah sebaiknya dilepas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *