Strategy Trading Saham Gorengan

Jika anda berpikir bahwa tulisan ini akan membahas tentang analisa bandarmology, sebaiknya anda segera berhenti membaca sampai di sini saja karena tulisan ini tidak akan membahas soal bandarmology. Saya tidak pernah memakai analisa bandarmology entah apapun itu, baik analisa broker asing, broker aseng, broker summary dan hal hal lain yang sering dianggap sebagai analisa bandarmology. Analisa trading saya mah yang simple simple saja, semakin simple semakin saya suka, yang penting cuan.

Lagian, ngapain saya pake analisa bandarmology, wong saya kenal bandarnya dan tahu dia traksaksi lewat mana, tinggal telpon atau whatsapp saja..hahahahaha..ini bercanda.

Okeh, mari kita bahas soal saham gorengan. Jika anda membaca tulisan saya kemaren tentang saham gorengan, setidaknya definisi saham gorengan secara umum diwakili oleh tiga hal yakni umumnya tidak punya fundamental yang bagus, kapitalisasi pasarnya kecil dan volatilitas pergerakan harganya sangat dinamis, gampang direkayasa, gampang naik turun sesuka bandarnya.

Meski begitu, jika anda perhatikan, saham saham gorengan juga pada dasarnya sama dengan saham saham bluechips yang ada di bursa, saham gorengan mempunyai pola dan karakter tertentu yang bisa kita pahami dan manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Dan yang perlu dipahami juga bahwa tidak semua saham gorengan bisa dengan bebas kita bahas, ada saham saham tertentu yang sangat sensitif dan ketika saham itu dipublikasikan justru bikin sahamnya macet karena bandarnya ngambek. Been there done that…hahahaha

Balik ke soal pola dan karakter saham gorengan tadi. Setidaknya ada dua pola yang saya perhatikan dan saya gunakan untuk mencari saham saham gorengan yang akan saya masukkan ke dalam watchlist saya dan menunggu triger buy, yakni saham yang sedang konsolidasi / sideways dan berada di ujung downtrend.

KONSOLIDASI / SIDEWAYS

Saham saham yang sedang konsolidasi atau sideways mempunyai ciri khas posisi candle yang tidak berada jauh dari MA periode pendeknya dan posisi MA yang berhimpit satu sama lain, baik MA5, MA10 atau bahkan MA20 jika sidewaysnya cukup lama. Contohnya begini :

ENVY
NIKL
SMBR

DOWNTREND

Yang perlu kita cari adalah saham saham yang berada di ujung downtrendnya, cirinya simple, harga selalu bikin lower low tapi ada satu hari di mana dia tidak bikin new low.

ENVY
JAST
ASPI

Selain pola, saham gorengan juga punya karakter tertentu. Ada saham saham gorengan yang punya karakter hanya one day show, naik tinggi dalam satu hari terus besoknya selesai, ada juga yang bisa naik dua sampai tiga hari. Makanya penting juga bagi kita untuk melihat history dari chart yang sudah tergambar untuk mempertimbangkan apakah saham gorengan tersebut bisa kita hold atau harus kita jual hari itu juga.

Jika sudah menemukan saham saham dengan pola konsolidasi dan downtrend, maka langkah selanjutnya adalah menunggu hingga muncul volume dan triger buy di saham tersebut. Umumnya saham saham yang memulai kenaikan akan ditandai dengan naiknya volume di atas rata rata dan bergerak di atas MA5 nya. Tinggal pasang alert saja.

Jadi, jika mau dirangkum, strategy trading saham gorengan itu :

  • Cari saham saham yang sedang konsolidasi (lebih baik konsolidasi setelah downtrend), saham tersebut sedang bikin base dan bergerak sideways dengan range sempit
  • Cari saham saham yang berada pada akhir masa downtrendnya, harga umumnya tidak bikin lower low
  • Perhatikan dan tunggu hingga muncul kenaikan volume di atas rata rata
  • Entry buy pada saat pertama kali breakout MA5 atau high candle hari sebelumnya
  • Exit jika sudah melihat sinyal jual, misal jika sudah terjadi rolling atau jika harga sudah turun jauh dari intraday high
  • Jika konservatif, cut loss jika harga turun satu tick dari harga beli, langsung buang kiri gak usah pake antri di offer
  • Perhatikan pola chart sebelumnya untuk mengenal karakter pergerakan harga sahamnya

Ya, sesimple itu strategy saya untuk trading gorengan, tinggal nanti eksekusi tradingnya menggunakan tape reading, lihat power buynya gimana, bid offernya seperti apa dan seterusnya. Yang belum tahu apa tape reading baca di sini.

Demikian, semoga ada manfaatnya. 

Tidak menerima pertanyaan, hanya menerima kiriman gorengan, bakwan lebih diutamakan.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

3 Comments


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *